Kumpulan Ide Usaha Kreatif dengan Modal Kecil yang Cocok di Tahun 2021

Pandemi virus COVID-19 membuat semua orang harus lebih bijak untuk mengelola keuangan, atau bahkan mencari penghasilan tambahan. Karena sulitnya mencari pekerjaan, maka banyak orang yang akhirnya merintis bisnis untuk bertahan hidup. Dalam ulasan berikut, ada berbagai usaha kreatif yang bisa dijalankan pada tahun ini.

Sumber Foto : pikiran-rakyat.com

 

Membuka Jasa Laundry

 

Bisnis ini sangat cocok dijalankan untuk Anda yang tinggal di perkotaan. Mobilitas yang tinggi seringkali membuat orang-orang di daerah perkotaan sulit menyempatkan waktu untuk mencuci pakaian. Sebagai modal awal, Anda bisa memanfaatkan mesin cuci di rumah.

Menjual Masker Kain

 

Dengan berkurangnya stok surgical mask di pasaran, orang-orang banyak yang memilih masker kain sebagai alternatif. Sampai saat ini, pandemi belum menunjukkan tanda mereda. Oleh karena itu, menjual masker kain bisa menjadi opsi bisnis yang bisa dipilih.

Menawarkan Jasa Mengajar Online

 

Jasa mengajar secara online masih dibutuhkan di tahun 2021 ini. Anda bisa menggunakan Zoom, Google Meet, Skype, atau media lainnya untuk ini. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari berbagai keterampilan baru selama masa pandemi ini.

Menjual Bahan Dekorasi Rumah

 

Anda juga bisa mencoba menjual berbagai bahan untuk dekorasi rumah. Terlebih lagi banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah, bahan dekorasi ini dibutuhkan agar merasa tidak bosan. Berbagai bahan dekorasi rumah yang bisa Anda jual, seperti sprei, sarung bantal, gorden, tanaman hias, lampu gantung, dan lukisan.

Menjadi Reseller/Dropshipper

 

Bisnis online semakin menggeliat di tahun 2021 ini. Dengan demikian, Anda bisa turut ambil bagian dengan menjadi reseller atau dropshipper. Selain modal yang dibutuhkan kecil, kerugiannya rendah, dan bisa menghasilkan untung lumayan. Anda juga lebih mudah menjalankannya karena tidak perlu melakuan produksi secara langsung.

Menjual Pupuk Kompos

 

Berbagai tanaman hias kembali naik daun saat ini. Untuk mengisi waktu selama di rumah saja, banyak orang yang melakukan kegiatan bercocok tanam. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual pupuk kompos atau keperluan tanaman lainnya.

Makanan dan Minuman Sehat

 

Untuk menjaga kebugaran tubuh, tentu dibutuhkan makanan dan minuman sehat. Bukan hanya itu, Anda juga bisa menjual berbagai vitamin dan suplemen untuk kesehatan. Jika telaten, Anda bisa membuat jamu dari berbagai tanaman obat, seperti jahe, kunyit, kencur, dan lainnya.

Melayani Jasa Digital Marketing

 

Dengan semakin ramainya bisnis digital, diperlukan strategi digital marketing yang tepat, kreatif, dan efektif. Namun tidak semua orang mengerti bisa memahami tentang pemasaran digital ini. Kalau Anda memiliki keterampilan di bidang ini, Anda bisa melayani jasa pemasaran digital.

 

Dari keempat usaha kreatif di atas, mana yang ingin Anda coba?

 

Baca juga : Kumpulan Peluang Bisnis Saat Imlek yang Hasilkan Cuan Banyak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *