Tips Sukses Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas

Usaha semakin beragam mengikuti perkembangan zaman. Banyak sekali usaha yang bisa dirintis oleh para pengusaha, seperti usaha jual beli motor bekas. Apalagi sebagian masyarakat banyak yang lebih memilih membeli sepeda motor bekas dibandingkan dengan yang baru. Hal itu bisa menjadi peluang yang patut dicoba dan potensial untuk meraih keuntungan. Nah, seperti apa langkah tepat membuka usaha jual beli motor bekas? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

 

1. Periksa Secara Teliti Kondisi & Kelengkapan

 

Tips Sukses Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas
Sumber Foto: jurupost.com

Ketika memutuskan membeli unit motor bekas, carilah motor dengan kondisi yang masih prima. Tentunya motor bekas akan berbeda dengan motor baru keluaran pabrik, dalam hal ini ketelitian memperhatikan kualitas dibutuhkan. Jangan asal memilih motor dengan kondisi yang sudah tak layak pakai, perhatikan kualitas fisik motor dan komponen mesin motor agar keuntungan tidak terpotong untuk biaya perbaikan.

 

Pastikan motor bekas dipilih mempunyai surat-surat lengkap, seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), juga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Pastikan bahwa dokumen tersebut asli untuk menghindari masalah legalitas di kemudian hari dan bisa lebih meningkatkan kepercayaan konsumen.

 

2. Berikan Perawatan

 

Tips Sukses Memulai Usaha Jual Beli Motor Bekas
Sumber Foto: astramotor.co.id

Tentunya antusiasme pelanggan akan suatu barang bekas yang dijual jauh lebih tinggi jika barang tersebut masih dalam keadaan baik. Lakukan perawatan maksimal agar motor dapat berjalan sebagaimana mestinya. Barang bekas yang bersih terawat memiliki daya jual yang tinggi dan mendatangkan keuntungan besar.

 

Baca Juga: Aplikasi Kasir Gratis ini Bisa Bantu Transaksi Usaha Kamu

 

3. Mengetahui Pasaran Harga

 

Sumber Foto: gridoto.com

Menjual barang bekas, mengetahui kisaran harga pasar menjadi suatu hal yang penting. Pastikan menjual motor bekas sesuai pasaran harga agar tidak terlalu rendah, pun tidak terlalu tinggi. Manfaatkan teknologi internet dan riset harga melalui situs jual beli atau media sosial.

 

4. Strategi Penjualan

 

Sumber Foto: j-expres.id

Berbagai macam cara bisa diterapkan untuk melakukan proses penjualan motor bekas. Bisa secara online melalui marketplace dan media sosial atau offline di lokasi strategis seperti ruko-ruko yang banyak dilewati oleh orang-orang atau bengkel motor besar dekat dengan pemukiman penduduk. Penjualan juga bisa dilakukan dengan sistem kredit dengan menjalin kerja sama dengan pihak leasing.

 

Baca Juga: Ingin Memulai Bisnis Pet Shop? Ikuti Tips Jitu ini

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *