Potensi Penghasilan Tambahan Dari Usaha Ritel Kelontong

Usaha ritel kelontong masih menjadi salah satu bisnis potensial yang mampu menghasilkan keuntungan menjanjikan. Anda akan memiliki pasar yang sangat luas karena toko kelontong dicari oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sembako, aneka makanan dan minuman kemasan sampai jajanan anak-anak masih menjadi komoditi utama buruan masyarakat.

 

Namun untuk memulai usaha ritel kelontong tidak cukup mudah. Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar yang nantinya. Biaya tersebut meliputi peralatan toko seperti rak dan segala hal terkait display, selebihnya akan diarahkan untuk biaya persediaan yang kadang bisa mencapai angka belasan bahkan puluhan juta.

 

Meskipun usaha ritel kelontong ini berpotensi menjanjikan, Anda tetap membutuhkan tambahan penghasilan. Agar tidak bentrok, Anda bisa memanfaatkan beberapa aspek dari usaha Anda yang bisa menjadi pundi-pundi uang, seperti ide-ide yang akan kami bahas di bawah ini.

 

1. Jasa Antar Belanja

 

usaha ritel kelontong
sumber foto: w3cargo.com

 

Belakangan jasa ritel online mulai marak berkembang. Anda khawatir usaha macam ini perlu modal besar? Sebenarnya tidak juga. Hal yang perlu Anda tambahkan hanya sebuah armada dan tenaga kerja pengantaran. Dan tentu saja sebuah portal pemesanan via online, seperti via facebook, messenger atau dengan website. Jika bagi Anda yang membuka jalur online terlalu rumit dan khawatir cakupan Anda terlalu luas, sediakan saja jalur telepon untuk pemesanan melalui telepon.

 

Cukup kenakan biaya tambahan sesuai jarak tempuh untuk layanan ini. Bagi konsumen, tidak masalah untuk menambahkan biaya pengantaran. Hal ini lebih baik dibandingkan harus keluar rumah atau datang langsung ke toko Anda. Cara pesan antar ini jelas jauh lebih praktis.

 

2. Jasa Paket dan Parcel 

 

usaha ritel kelontong
sumber foto: basajan.net

 

Pada musim tertentu konsumen membutuhkan sembako dalam jumlah besar untuk kebutuhan. Salah satu usaha ritel yang kami kenal misalkan selalu melayani pesanan paket zakat mal dan fitrah pada musim puasa  Sementara itu, di beberapa daerah di Jawa kami menemukan tradisi – tradisi tasyakuran dimana pesertanya akan mendapatkan paket berisi sembako yang juga bisa dilemparkan pengerjaannya pada usaha ritel ini.

 

Ada banyak usaha ritel yang melayani pesanan paket ulang tahun dengan menyediakan bungkusan jajanan dengan pita hias untuk bingkisan ulang tahun anak-anak.  Anda juga bisa menerima pesanan parcel yang berisi beragam makanan kemasan yang Anda sediakan. Untuk lebih menghemat waktu, Anda bisa alihkan pengerjaan parcel ini ke pihak ketiga yang biasa menggarap parcel.

 

3. Berjualan Limbah 

 

usaha ritel kelontong
sumber foto: media kompilasi

 

Setiap usaha ritel pasti memiliki banyak sisa barang limbah di gudang mereka. Ketimbang menumpuk tidak jelas di gudang, kenapa tidak Anda jual saja ke penampung barang bekas di kota Anda? Anda bisa salurkan tumpukan kardus, toples plastik, dan kotak-kotak karton dengan nilai yang cukup menarik.

 

Beberapa pengrajin juga kadang mencari suplai barang kemasan bekas ini untuk kebutuhan industri mereka. Bila Anda beruntung bertemu supermarket, Anda bisa menjual toko usaha ritel kelontong Anda dengan harga yang lebih baik.

 

4. Jual Minuman Kemasan

 

sumbber foto: ceritaonlineku.com

 

Biasanya salah satu produk yang biasa ada di usaha ritel kelontong adalah minuman kemasan. Ada beragam jenis minuman kemasan yang biasa Anda jual baik itu minuman sachet dingin dan panas. 

 

Baca juga: Ide Usaha Minuman Buah Viral Dijamin Untung

 

Bila ingin lebih menguntungkan lagi, siapkan blender, dan bukalah usaha penjualan minuman shake kemasan. Anda bisa menarik hingga setidaknya 2000 rupiah dari tiap gelasnya. Di udara panas, produk yang Anda tawarkan sangat menarik pembeli. Lagi pula kadang pembeli suka cara praktis dan memilih membeli yang siap minum dibandingkan harus membuat sendiri di rumah.

 

5. Jual Pulsa Elektrik

 

sumber foto: kompasiana.com

 

Berjualan pulsa elektrik adalah satu potensi yang bisa Anda kembangkan sebagai sumber tambahan dari usaha Anda. Konsumen yang datang bisa jadi membutuhkan juga kebutuhan pulsa. Lagi pula faktanya kini semua orang menggunakan ponsel dan sudah tentu juga membutuhkan pulsa.

 

Dengan menyediakan penjualan pulsa elektronik, pembeli Anda yang biasa membeli kebutuhan sehari- hari di toko Anda akan memilih membeli pulsa di tempat Anda dengan alasan kepraktisan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *