Tips Jitu Menaikkan Usaha Toko Kelontong di Zaman Now

Membuka toko kelontong bisa menjadi salah satu pilihan usaha sampingan yang cukup menguntungkan. Namun seiring menjamurnya minimarket, para pengusaha toko kelontong tentunya harus terus berinovasi supaya tidak kalah saing. Berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan usaha toko kelontong di zaman sekarang.

 

Tips Jitu Usaha Toko Kelontong

 

Menjual Produk yang Banyak Dicari

 

usaha toko kelontong
Sumber Foto : static.republika.co.id

 

Di toko kelontong memang dijual beragam produk, hanya saja tidak tersegmenkan dengan baik, sehingga banyak yang beranggapan toko kelontong asal menjual produk. Selain itu, ada yang menjual banyak barang, namun tidak semuanya diperlukan masyarakat sekitar, sehingga sulit memutar modal dengan cepat.

 

Oleh karena itu, Anda perlu melihat dan menganalisa apa saja yang dipelukan oleh tetangga Anda. Jika masih bingung, bisa mulai dengan menjual kebutuhan primer, seperti sembako. Kalau Anda tinggal di lingkungan kampus, Anda bisa menjual barang keperluan mereka. Intinya, jeli pada kebutuhan orang-orang di sekitar Anda.

 

Membuat Pembukuan yang Rapi

 

usaha toko kelontong
Sumber Foto : abckotaraya.id

 

Meski Anda membuka toko kelontong, administrasinya juga harus dirapikan. Anda bisa memulainya dengan mencatat barang-barang yang dibeli, barang-barang yang terjual, dan ketersediaan barang.

 

Anda juga perlu mencatat hasil penjualan dan keuntungan di setiap bulan. Dengan pencatatan yang rapi, keuntungan bersih dari penjualan itu bisa dihitung dengan baik. Cara tersebut juga membuat Anda lebih bijak untuk membeli barang baru.

Memperhatikan Kualitas Produk

 

usaha toko kelontong
Sumber Foto : pikiran-rakyat.com

 

Meski Anda berjualan di toko kelontong, namun jangan abaikan kualitas produk yang dijual. Pengecekan kualitas produk bisa dimulai dari merk, kondisi kemasan, komposisi, dan tanggal kadaluarsa. Akan lebih baik jika pengecekan produk tersebut dibantu oleh orang yang memiliki pengetahuan akan produk tersebut.

Mencari Supplier dengan Harga Terjangkau

 

Sumber Foto : harmony.co.id

 

Hal yang tidak kalah penting untuk meningkatkan omset toko Anda adalah mencari supplier dengan harga terjangkau. Dengan cara tersebut, secara tidak langsung Anda bisa mengontrol pengeluaran untuk barang yang berkualitas bagus dengan harga terjangkau. Untuk melakukan ini, Anda bisa melakukan survei atau mencari informasi kepada sumber terpercaya.

 

Menerima Pembayaran Digital

 

 

Teknologi digital sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya para milenial. Bahkan, untuk urusan transaksi pun, mereka sudah mulai menggunakan uang digital ketimbang uang tunai. Nah jika Anda ingin menarik konsumen yang sudah menggunakan pembayaran digital. Dengan menyediakan pembayaran digital di usaha Anda adalah solusinya. Anda bisa menggunakan jasa penyedia aplikasi kasir di indonesia.

 

Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pembeli Anda. Berikan sesuatu di hari-hari tertentu, misalnya saat menjelang hari raya. Cara lain untuk meningkatkan omset usaha toko kelontong adalah mengadakan promosi, mendesain toko dengan menarik, dan tentunya disiplin dalam menjalankan operasional toko.

 

Baca juga : Tips Membangun Manajemen Keuangan UMKM Dijamin Sukses

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *