Wanita Ini Tunjukkan Bisnis Bisa Sukses Tanpa Modal

 bisnis tanpa modal
Sumber Foto : evepla.com

 

Memiliki usaha sendiri adalah keinginan banyak orang. Apalagi jika sukses membuka bisnis tanpa modal, mungkin semua orang lebih senang terjun ke dunia bisnis. Karena memang tidak dipungkiri banyak yang beranggapan modal besar adalah kunci utama memulai usaha. 

 

Namun anggapan itu dipatahkan oleh seorang wanita bernama Yuni, pemilik dari Medan Hantaran. Usahanya bergerak di bidang kebutuhan pengantin dalam mempersiapkan hantaran.

 

Dalam banyak adat di Indonesia, penyerahan hantaran menjadi salah satu proses sakral dalam lamaran sebelum menuju pernikahan. Ada yang mempersiapkan hantaran sendiri tetapi tak jarang mencari jasa penyedia hantaran, seperti Medan Hantaran. 

 

Yuni menuturkan dia terinspirasi membangun Medan Hantaran setelah melihat hantaran milik temannya. Ia lalu belajar mandiri melalui video di YouTube. Hobi dekorasi Yuni tersalurkan dengan baik. Ia kemudian mendirikan jasa Medan Hantaran. 

 

Awal mulanya, ia mengambil gambar melalui internet lalu memajangnya di akun Instagram @medan_hantaran. Ia meminta konsumennya untuk memberikan uang muka terlebih dahulu. Laba dari klien pertama itu ia jadikan modal hantaran selanjutnya. Memulai bisnis tanpa modal ia akui memang berat di awalnya. Yuni harus mencicil membeli satu per satu barang yang diperlukan.

 

Bisnis Yuni berkembang baik. Pasangan yang tadinya hanya memesan hantaran lalu menanyakan apakah Yuni menyediakan jasa dekorasi. Dari situlah, Yuni membangun bisnis dekorasi secara perlahan. Ia memakai laba hantaran untuk membeli satu per satu alat dekorasi. 

 

Dalam sebulan ia menerima setidaknya 15 pesanan untuk dekorasi lamaran. Pesanan tujuh hantaran bisa mampir ke usahanya dalam seminggu. Bisnisnya merambah ke menghias mahar hingga mempercantik ruangan lamaran, akad nikah dan aqiqah.

 

Baca juga : Ide Buka Usaha Pemula yang Dijamin Mudah dan Sukses

 

Bisnis tanpa modal Yuni bukannya tanpa tantangan. Ia menambahkan persaingan di usaha hantaran cukup tinggi. Ia harus memutar otak agar bisnisnya tetap lancar, salah satunya dengan menawarkan promo harga. Ia bertekad tetap menjaga mutu layanan ke pelanggan meski terkadang menawarkan promo harga tersebut. 

 

Yuni menerima pesanan dari berbagai daerah di sekitar kota Medan, Sumatera Utara. Ia mematok harga dekorasi mulai dari Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta tergantung tingkat kesulitan dan gaya dekorasinya.

 

Untuk hantaran, harga dari Yuni mulai dari Rp300 ribu. Dari Yuni kita belajar bahwa bisnis tanpa modal adalah hal yang mungkin terwujud. Apakah #mitrasukses KITADIGI tertarik mencobanya? 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *